LAPORAN HASIL PENGAMATAN SISTEM PEREDARAN DARAH

Hai hai semuaaa..
Kali ini aku akan ngepost tugas sekolahku *tetep deh ya..* tugas ini tentang pengamata peredaran dapah.. udah bisa nebak kan pelajaran apa?? #yup tentu aja biologi#
Tapi sebelumnya aku minta maaf.. karena tugasku kali ini langsung aku post tanpa di edit..
kapan-kapan akan aku edit kok.. kali ini aku bener-bener minta maaf ya guys.. atau kalau kalian mau lihat yang agak lebih enak dibaca buka aja bloggerku di http://www.hanifahluthfiana.blogspot.com ok? maaf banget ya..
langsung aja ya…
LAPORAN HASIL PENGAMATAN SISTEM PEREDARAN DARAH
Dibuat untuk Melengkapi Tugas Biologi Kelas VIII/Semester Ganjil

Penyusun :
Hanifah Luthfianasari (15)
Indri Widiastuti (16)
Nur Fatimah (21)
Riska Septiandari (24)
Kelas : VIII C

SMP NEGERI 1 GODEAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. TOPIK : Pembuluh Darah
B. TUJUAN : 1. Mengetahui macam-macam pembuluh darah melalui pengamatan
aliran darah pada ekor ikan (menggunakan mikroskop).
2. Mengetahui sistem peredaran darah tertutup melalui pengamatan
aliran darah pada ekor ikan (menggunakan mikroskop)
C. DASAR TEORI
Di dalam tubuh manusia, alat transportasi (pengangkut) utamanya adalah darah. Darah selalu beredar di dalam pembuluh darah karena adanya jantung yang terus menerus bekerja memompa darah. Selama beredar darah memberikan zat makanan dan oksigen pada sel–sel yang hidup, juga mengedarkan zat–zat lain misalnya enzim dan hormon yang diperlukan oleh bagian tubuh tertentu. Sebagai alat pengangkutan, darah juga mengangkut zat–zat sisa metabolisme ke tempat–tempat pengeluaran (ekskresi). Terdapat dua sistem peredaran darah yaitu :
1. Peredaran darah terbuka
Peredaran darah terbuka adalah peredaran atau distribusi darah ke seluruh tubuh yang tidak selalu melewati pembuluh darah. Kadang darah secara langsung menuju jaringan tubuh tanpa melalui pembuluh. Dalam sistem peredaran darah terbuka tidak dapat dibedakan antara darah dan cairan intersisial (cairan yang mengisi ruang antar sel), karena tercampur. Sistem peredaran darah terbuka terdiri dari jantung sebagai pusat peredaran darah, sejumlah rongga yang disebut sinus, dan beberapa arteri.

2. Peredaran darah tertutup
Peredaran darah tertutup adalah sirkulasi darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh–pembuluh darah. Pada sistem peredaran darah ini, darah diedarkan melewati arteri dan kembali ke jantung melewati vena. Jantung dan saluran darahnva memiliki katup sehingga darah tidak mengalir kembali ke jantung. Aliran darah tersebut disebabkan oleh kontraksi lengkung jantung.
Pertukaran gas terjadi di jaringan-jaringan tubuh.
Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, kapiler, dan vena.
1. Pembuluh Arteri (Nadi)
Pada saat jantung berkontraksi (sistol), darah akan keluar dari bilik menuju pembuluh nadi (arteri), sehingga arah aliran darah dalam arteri meninggalkan jantung. Pembuluh ini tebal, elastis (diameternya dapat berubah sesuai kebutuhan) hal tersebut berfungsi untuk menjaga aliran darah konstan dan tidak tersendat. Pembuluh tersebut memiliki sebuah katup yang disebut valvula semilunaris yang berada tepat di luar jantung. Letak pembuluh nadi di dalam permukaan kulit, namun denyutnya masih dapat dirasakan. Tekanan darah di dalamnya kuat, sehingga jika terluka darahnya memancar. Warna darah yang diangkutnya adalah merah segar. Darah dalam arteri kaya akan O2, kecuali arteri paru-paru.

Pembuluh nadi tersusun atas tiga lapis jaringan, yaitu :
a. Lapisan pertama, berupa jaringan ikat yang kuat dan elastis.
b. Lapisan tengah, berupa otot polos yang berkontraksi secara tak sadar sehingga dapat menguah diameter pembuluh nadi.
c. Lapisan ketiga, berupa jaringan endothelium yang melindungi jaringan di dalamnya.
2. Pembuluh Vena (Balik)
Pembuluh vena (balik) ditemukan oleh seorang ahli fisiologi dari inggris, yakni William Harvey (1578–1657). Vena berfungsi untuk mengedarkan darah dari kapiler menuju jantung. Dindingnya tipis dan kurang elastis. Pembuluh ini memiliki banyak katup yang berfungsi mencegah darah mengalir kembali ke jantung. Letak pembuluh vena dekat dengan permukaan kulit, denyutnya tidak dapat dirasakan. Tekanan darah di dalamnya lemah, sehingga jika terluka darahnya menetes. Darah yang diangkut mengandung CO2, kecuali vena pulmonalis. Warna darah yang diangkutnya adalah merah tua. Pembuluh vena yang masuk ke jantung yaitu :
a. Vena Cava Superior
Vena ini membawa darah yang mengandung CO2 dari tubuh bagian atas ke serambi kanan.
b. Vena Cava Inferior
Vena ini membawa darah yang mengandung CO2 dari tubuh bagian bawah ke serambi kanan.
c. Vena Pulmonalis
Vena ini membawa darah yang mengandung O2 dari paru – paru ke serambi kiri jantung.
3. Kapiler
Pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang membentuk jalinan pembuluh di seluruh jaringan dan menjadi penghubung antara pembuluh nadi dan pembuluh balik. Fungsinya sebagai tempat difusi oksigen, karbon dioksida, sari makanan, hormon, dan zat sisa.

D. ALAT DAN BAHAN
1. Mikroskop
2. Ikan cethul
3. Kaca obyek 2 buah
4. Gelas ukur
5. Saringan
6. Air
7. Kapas
B. LANGKAH KERJA
1. Siapkan alat dan bahan.
2. Ambil seekor ikan cethul dan bungkus bagian kepalanya menggunakan kapas basah.
3. Letakkan pada kaca obyek.
4. Amati ekor ikan cethul menggunakan mikroskop.
Catatan : Jagalah agar kapas tetap basah dengan cara meneteskan air bila kapas terlihat mengering supaya ikan tidak mati.
C. PERTANYAAN DAN JAWABAN
1. a. Dapatkah kamu melihat adanya benda-benda yang bergerak?
Jawab : Ya, kami dapat melihat adanya benda yang bergerak.
b. Diskusikan dengan teman sekelompok, apakah benda yang bergerak tersebut?
Jawab : Benda yang bergerak tersebut adalah darah.
c. Bagaimana sifat gerakannya? Bebas atau melalui suatu pembuluh?
Jawab : Arah gerakan darah tersebut melalui pembuluh darah.
2. Bagaimana arah aliran darahnya?
1. Pembuluh darah yang arah alirannya kearah ekor disebut arteri.
2. Pembuluh darah yang arah alirannya kearah kepala disebut vena.
3. Pembuluh darah yang arah aliran darahnya bejubel disebut nadi.
4. Pembuluh darah yang arah aliran darahnya satu per satu balik.
3. Jadi, apakah yang menghubungkan pembuluh nadi dengan pembuluh balik?
Jawab : Yang menghubungkan pembuluh nadi dengan pembuluh balik adalah kapiler
D. KESIMPULAN
Aliran darah pada ikan cethul termasuk dalam sistem peredaran darah tertutup, karena darahnya selalu mengalir dalam pembuluh darah. Peredaran darah yang menuju ke ekor dan bejubel disebut pembuluh arteri atau nadi. Peredaran darah yang alirannya menuju ke kepala dan alirannya satu per satu disebut pembuluh vena atau balik. Sedangkan, yang menghubungkan pembuluh nadi dengan balik disebut kapiler.

H. DAFTAR PUSTAKA
Hemat Dwi Nuryanto.Sistem Peredaran Darah Terbuka dan Tertutup.http://crayonpedia.
org/.Diakses pada tanggal 1 Desember 2011.
Hemat Dwi Nurtanto,Pembuluh Darah.http://crayonpedia.org/.Diakses pada tanggal 1
Desember 2011.
Rusdi,dkk.2008.Seribu Pena Biologi.Jakarta:Penerbit Erlangga.Halaman 51.
Wiyono, Marju.2011.LKS PIONIR.
That’s all guys.. tugas ini aku susun bersama kelompokku Indri Widiastuti, Nur Fatimah dan Riska Septiandari.. makasih temen-temen…
Udah dulu ya.. semoga apa yang udah aku sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.. amin amin amin
Byeeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s