MENEMUKAN REALITAS KEHIDUPAN ANAK YANG TEREFLEKSI DALAM BUKU CERITA ANAK

Hai guys..
Kali ini aku akan ngepost lagi.. masih tentang tugas sekolah sih.. dan masih Bahasa Indonesia juga.. hhe. Postku ini tentang menemukan realitas kehidupan dalam buku cerita anak..
Langsung aja ini dia….. “plok plok plok”
Haishh tapi tapi sebelumnya………. sekali lagi aku minta maaf.. tulisannya amburadull maaf yaaa…

1. Judul Asli : The Mistery of The Silly Goose
2. Judul Terjemahan : Misteri Angsa Konyol
3. Penulis dan Penerjemah : a. Penulis : Elspeth Campbell Murphy
b. Penerjemah : Henny Harjani Widjaya
4. Tokoh Utama : Lyddie, Lydia Hamilton ( Nenek Lyddie ), Timothy, Titus, Sarah-Jane.
5. Pelaku Figuran : Priscilla dan teman-teman Lyddie.
6. Perwatakan Tokoh Utama : a. Lyddie : Sombong, usil, pemaksa
b. Lydia Hamilton : Sabar, baik dan ramah
c. Timothy : Penolong dan baik
d. Titus : Penolong dan baik
e. Sarah-Jane : Penolong dan baik
7. Alur Cerita : Maju (Progresif)
8. Bagian-bagian Cerita Yang Menarik Dan Alasan-alasannya:
a. Ternyata T2S merupakan singkatan dari Timothy, Titus dan Sarah-Jane yang merupakan detektif cilik.
Alasannya : Karena singkatan nama T2S unik dan sangat kreatif.
b. Ternyata patung angsa tersebut disembunyikan di dalam kotak tempat penyimpanan kayu bakar saat musim dingin.
Alasannya : Karena tidak terduga kalau patung angsa tersebut disembunyikan dalam kotak penyimpanan kayu bakar saat musim dingin.
9. Hubungan Bagian-bagian Cerita Dengan Realitas Sosial:
a. Kehilangan suatu benda dalam kehidupan sehari-hari, dan cerpen tersebut menceritakan bahwa patung angsa Nenek Lyddie diambil oleh seseorang.
b. Terjadinya tolong-menolong di lingkungan masyarakat, dalam cerpen tersebut menceritakan bahwa Timothy, Titus, dan Sarah-Jane menolong Nenek Lyddie yang kehilangan patung angsa.
10. Penyelesaian Dan Alasan-alasannya:
a. Penyelesaian : Open ending
b. Alasannya : Karena cerita tersebut permasalahannya sudah selesai, tetapi sebenarnya cerita tersebut belum selesai.
11. Pesan Moral Atau Amanat:
a. Sesama manusia harus saling tolong-menolong,
b. Tidak boleh mengambil barang milik orang lain tanpa izin,
c. Kita tidak boleh memberikan perintah kepada orang lain untuk melakukan sesuatu dengan seenaknya sendiri.
12. Penggunaan Bahasa : Menggunakan bahasa komunikatif atau bahasa campuran

Kali ini juga tugas kelompokj sih.. tapi Cuma dua orang.. Tugas ini aku kerjakan bersama Riska Septiandari.. so makasih Riska..

Hhe udah dulu ya.. semoga apa yang udah aku post bermanfaat untuk kita semua…
Byeeeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s